Sabtu, 31 Oktober 2020

Sejarah Perkembangan Mikrobiologi (11.4)

Penemuan Mikroba Penyebab Penyakit

11.4 Penemuan Virus

  • Pasteur telah mencoba memisahkan bakteri dari suatu cairan dengan cara menyaringnya. Cairan yang mengandung bakteri pantogen disaring melalui alat penyaring, kemudian filtratnya dicoba apakah masih menimbulkan penyakit atau tidak. Apabila filtratnya tidak menyebabkan penyakit, maka membuktikan bahwa bakteri dapat disaring. Setelah dilakukan percobaan ternyata hasilnya membuktikan bahwa bakteri dapat disaring.
  • Pada tahun 1892 seorang ilmuwan dari Rusia mencoba untuk melakukan penyaringan ekstrak dari tanaman tembakau yang terkena penyakit mosaik. Dari hasil percobaan tersebut membuktikan bahwa filtratnya tetap dapat menyebabkan penyakit mosaik pada tembakau.
  • Dari kenyataan tersebut membuktikan bahwa mikroba penyebab penyakit ada yang lolos melalui penyaringan. Dan beberapa tahun kemudian ada orang lain yang juga mendapatkan hal yang sama pada penyakit binatang ataupun tumbuhan.
  • Mikroba yang seperti itu dinamakan dengan virus. Virus artinya tidak bersel. Susunan dan perkembangan dari virus sangatlah berbeda dibandingkan denga jasad hidup yang lainnya, sehingga virus tidak dapat diisolas sebagai biakan murni. Tetapi virus dapat ditumbuhkan pada sel-sel induknya. Beberapa virus yang hidup pada binatang dapat dibiakkan pada embrio ayam.
  • Untuk menunjukkan bahwa suatu virus adalah penyebab penyakit maka dapat digunakan teori Postulat Koch, yaitu :
    1. Pada panderita penyakit selalu ada virus.
    2. Virus dapat diisolasi dari binatang indungnya dan ditumbuhkan pada sel induk.
    3. Virus dapat menimbulkan penyakit yang sama pada sel induknya.
  •  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerusakan Minyak

Kerusakan Minyak Pemakaian minyak yang berulang kali dapat menyebabkan adanya perubahan pada minyak, hal tersebut ditandai dengan penampakan...