Jumat, 30 Oktober 2020

Sejarah Perkembangan Mikrobiologi Ke-3

 Fransisco Redi

(1626-1697)

  • Fransisco Redi merupakan orang Itali yang menentang "Doktrin Generasi Spontan." Dari percobaan tersebut telah dibuktikan bahwa ulat yang terdapat pada daging yang dibiarkan dalam wadah terbuka bukanlah penjelmaan dari daging itu sendiri, melainkan dari telur atau benih mikroba yang dibawa oleh lalat yang menghinggapi daging tersebut.
  • Percobaan tersebut dilakukan dengan cara menaruh daging pada 2 tempat, daging yang satu diletakkan pada tempat yang terbuka, sedangkan daging yang satunya diletakkan dalam tempat yang ditutup dengan kawat kasa yang sangat halus sehingga tidak bisa dihinggapi oleh lalat.
  • Dari percobaan tersebut membuktikan bahwa daging yang ditutup dengan kawat kasa yang halus tidak ditumbuhi ulat, sedangkan daging yang diletakkan pada tempat yang terbuka terdapat adanya ulat. Dimana sebelumnya disangka bahwa ulat merupakan fase dari kehidupan lalat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerusakan Minyak

Kerusakan Minyak Pemakaian minyak yang berulang kali dapat menyebabkan adanya perubahan pada minyak, hal tersebut ditandai dengan penampakan...