Selasa, 09 Juli 2019

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi


Struktur Teks Laporan Hasil Observasi


Dalam struktur Teks laporan Hasil Observasi terdapat 2 jenis struktur penyajian Teks laporan Hasil Observasi, adapun kedua struktur penyajian Teks Laporan Hasil Observasi yaitu sebagai berikut :
1.  Penyajian Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan Jenis Struktur Ke – 1
Pada penyajian Teks Laporan Hasil Observasi menggunakan jenis struktur ke – 1 hanya terdapat susnan struktur yaitu pernyataan umum berupa klarifikasi dan aggota berupa aspek yang dilaporkan. Adapun struktur Teks Laporan Hasil Observasi jenis ke – 1 sebagai berikut:
a. Pernyataan Umum
Pada bagian struktur pernyataan umum dapat berupa sebuah klarifikasi, sehingga struktur bagian ini sering disebut juga dengan bagian struktur klarifikasi.
Struktur pernyataan umum atau yang sering juga disebut dengan struktur klarifikasi ini merupakan bagian struktur yang berisi mengenai tentang pembuka dan pengantar mengenai hal yang dilaporkan setelah melakukan observasi secara langsung oleh seorang observer. Pada tahapan struktur pernyataan umum atau yang sering dikenal dengan struktur klarifikasi ini akan disampaikan bahwa benda di dunia dapat diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan tertentu yang akan menunjukkan menjadi ciri – ciri dari benda tersebut.
b. Anggota
Di bagian struktur anggota biasanya hal yang disampaikan adalah berupa aspek – aspek yang dilaporkan setelah melaksanakan kegiatan observasi dan melakukan analisis dari hal yang dobservasi. Sehingga pada bagian struktur anggota ini biasanya juga disebut dengan struktur aspek – aspek yang diamati.
Struktur anggota ini atau yang sering dikenal dengan aspek – aspek yang diamati merupakan struktur pada Teks Laporan Hasil Observasi yang berupa bagian penjelasan mengenai bahasan dan rincian tentang objek yang diamati secara langsung oleh observer.
Pada bagian struktur anggota ini, akan diuraikan tentang klasifikasi atau penggolongan secara runtut dari kelas yang paling besar hingga menjadi kelas yang paling kecil (subkelas). Contohnya : penggolongan yang diikuti rincian dari aspek perilaku, genetik, lingkungan, fungsi, peran, fisik, atau kepribadiannya.
2.  Penyajian Teks Laporan hasil Observasi Menggunakan Jenis Struktur Ke – 2
Pada penyajian Teks Laporan hasil Observasi menggunakan jenis struktur ke – 2, merupakan penyajian Teks Laporan Hasil Observasi yang sering kita ketahui. Dimana pada penyajian Teks Laporan Hasil Observasi dengan jenis struktur ke – 2 ini tersusun atas 3 bagian struktur yaitu definisi umum, deskripsi bagian dan deskripsi bagian. Adapun struktur Teks Laporan Hasil Observasi jenis ke – 2 adalah sebagai berikut :
a. Definisi Umum
Bagian struktur definisi umum merupakan bagian struktur teks yang memberi penjelasan mengenai objek yang diamati oleh seorang observer dengan secara umum, sehingga pembaca menjadi paham terkait apa yang akan dibahas oleh seorang observer pada teks tersebut. Pada struktur definisi umum keberadaannya sangat dibutuhkan karena pada struktur ini berisi sebuah pengantar untuk menuju bagian struktur selanjutnya mengenai objek yang diamati dan silaporkan. Penjelasan yang diberikan pada bagian struktur definisi umum juga tidak terlalu lengkap dan detail mengenai apa yang dibahas, karena penjabaran secara detail dan jelas akan dijelaskan pada bagian – bagian struktur selanjutnya, karena inti dari bagian struktur definisi umum hanyalah memberi pembahasan dan pengenalan secara singkat agar pembaca mengetahui hal – hal yang akan dibahas sehingga pemikirannya dapat bersatu dengan teks.
b. Deskripsi Bagian
Pada bagian struktur teks deskripsi bagian berisi tentang penjelasan yang disusun lebih jelas dan detail mengenai hal yang diobservasi. Tujuan dari memberi penjelasan secara lengkap dan detail pada bagian Teks Laporan Hasil Observasi ini agar seorang pembaca dapat mengikuti secara runtut mengenai hal yang diobservasi oleh seorang observer sehingga mengetahui secara jelas apa yang sedang diobservasi tersebut.
Dibagian struktur deskripsi manfaat tersusun atas kalimat – kalimat yang menjelaskan mengenai objek observasi dengan sangat panjang, sehingga tidak heran jika pada bagian struktur ini memiliki panjang paragraf yang sangat banyak sekali. Karena kejelasan tentang apa yang sedang diobservasi adalah tujuan utama pada bagian struktur ini.
c.  Deskripsi Manfaat
Pada bagian deskripsi manfaat yang terdapat pada Teks Laporan Hasil Observasi memiliki tujuan untuk menjelaskan secara lengkap, detail dan jelas dari manfaat yang bisa diambil dari hal yang diobservasi baik melalui objek observasi ataupun hasil observasi.
Hal lain yang dapat diambil dari struktur deskripsi manfaat adalah pengetahuan yang bisa diambil oleh seorang pembaca dari hasil pelaksanaan observasi yang dilakukan. Tentunya dalam penulisan manfaat dari objek observasi ataupun hasil observasi ditulis dengan berdasarkan fakta tanpa ada penambahan atau pengurangan dari hasil apa yang telah diobservasi, karena ciri Teks Laporan Hasil Observasi adalah tidak diperbolehkan adanya kalimat opini atau argumentasi penulis yang diikutsertakan dan tidak sesuai dengan kenyataan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerusakan Minyak

Kerusakan Minyak Pemakaian minyak yang berulang kali dapat menyebabkan adanya perubahan pada minyak, hal tersebut ditandai dengan penampakan...