Selasa, 09 Juli 2019

Kelebihan dan Kekurangan dari Observasi


Kelebihan dan Kekurangan dari Observasi


1.  Kelebihan Observasi
Adapun kelebihan – kelebihan yang didapat dari kegiatan pelaksaan Observasi adalah sebagai berikut :
a. Dalam proses pelaksanaan kegiatan observasi secara langsung, observer dapat langsung mencatat mengenai segala hal yang diamati pada saat itu yang sesuai dengan apa yang sedang terjadi dan diamati secara langsung.
b. Seorang observer dapat secara langsung memperoleh data hasil pengamatan melalui subjek secara langsung, baik yang berkomunikasi secara verbal atau tidak secara verbal.
c. Dapat dijadikan sebagai acara untuk menyelidiki tentang suatu yang langsung dan sedang terjadi, sehingga risiko kesalahan dalam mengambil informasi dapat sedikit berkurang.
d. Pada pelaksaaan observasi secara langsung dan serempak banyak kegiatan, hal ataupun fenomena yang secara tidak sengaja diperoleh secara langsung dibalik hal yang sedang diamati, hal tersebut membuat menjadikan bahan dalam melakukan observasi lebih lengkap dan jelas, membuat seorang pembaca menjadi puas akan bahan bacaan yang disampaikan.
e.  Pengamatan secara observasi langsung pada tempat kejadian atau tempat yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan observasi dapat mengurangi adanya kesalahan dalam penulisan, baik itu melalui cara penyampaian informasi, sumber informasi dan hal lainnya yang membuat adanya kesalahan pada peletakan informasi.

2.  Kelemahan Observasi    
a.  Dalam pelaksaan observasi secara langsung membuat seorang observer memerlukan waktu yang lama untuk memperoleh hasil dari suatu kejadian atau peristiwa yang sedang dialami atau sedang diamati, karena apabila dalam pelaksanaan observasi secara langsung apabila hal tersebut sedang tidak terlaksana, dilaksanakan atau belum saatnya untuk dilaksanakan, maka seorang observer harus menunggu sampai waktu itu datang, karena ddalam pengumpulan data pelaksanaan observasi harus benar – benar sesuai tentang apa yang sedang diamati dan tidak ada kata penambahan serta pengurangan kata didalamnya.
   Biasanya hal – hal yang dalam pelaksanaan observasi yang membutuhkan waktu lama adalah seperti : Pelaksaan upacara adat yang menunggu waktu tepat untuk pelaksaannya sesuai dengan tradisi yang turun – temurun dilakukan, Agenda yang tidak setiap tahun dilakukan dan masih banyak lainnya.
b. Pengamatan yang berlangsung dengan lama karena adanya tidak dapat materi yang harus dicari atau diobservasi karena keterbatasan waktu, musim yang tidak mendukung, keadaan hal yang sedang diobservasi tidak sesuai dengan yang diinginkan, sehingga tidak mencapai kepuasan observasi serta masih banyak hal – hal yang tidak mendukung lainnya, membuat observasi menjadi terhambat dan tidak bisa terlaksana dengan baik dan sempurna.
c. Adanya kegiatan-kegiatan yang tidak mungkin diamati, misalnya kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya pribadi, seperti kita ingin mengetahui perilaku anak saat orang tua sedang bertengkar, kita tidak mungkin melakukan pengamatan langsung terhadap konflik keluarga tersebut karena kurang jelas.
d. Adanya sumber – sumber informasi yang didapatkan terlalu melebih – lebihkan berita sehingga berita terkesan seperti benar benar terkesan luar biasa karena sumber tersebut mengetahui akan dirinya dipercaya menjadi sumber berita yang membuat hasil observasi itu mencadi tidak real atau sesuai dengan kenyataan.
e. Banyaknya kejadian – kejadian yang tidak bisa dicapai dan diselesaikan oleh observer karena observer merasa tidak ada jalan penyelesaian atau akhir dari hal yang diamati.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerusakan Minyak

Kerusakan Minyak Pemakaian minyak yang berulang kali dapat menyebabkan adanya perubahan pada minyak, hal tersebut ditandai dengan penampakan...