Selasa, 09 Juli 2019

Hal – Hal Yang Diperlukan Pada Pelaksaan Observasi


Hal – Hal Yang Diperlukan Pada Pelaksaan Observasi


Observasi merupakan suatu proses yang kompleks, yang tersusun dari proses psikologis dan proses biologis. Dalam menggunakan teknik observasi, hal terpenting yang harus diperhatikan ialah mengandalkan pengamatan dan ingatan dari observer.
 Pada tubuh manusia terdapat 2 indra yang memiliki peran penting dalam melakukan pengamatan, yaitu telinga sebagai indra pendengaran dan mata sebagai indra pengelihatan. Kedua indra tersebut harus benar-benar dalam keadaan sehat dan tidak terganggu. Dalam melakukan pengamatan, mata lebih dominan dibandingkan dengan telinga. Mata ini memiliki kelemahan yaitu mudah letih. Untuk mengatasi kelemahan yang bersifat biologis tersebut, maka perlu melakukan hal-hal berikut :
1. Dengan menggunakan kesempatan yang lebih banyak untuk melihat data-data.
2. Dengan menggunakan orang lain untuk turut sebagai pengamat (observers).
3. Dengan mengambil data-data sejenis lebih banyak.
Usaha-usaha untuk mengatasi kelemahan yang bersifat psikologis, yaitu :
1.  Dengan meningkatkan daya penyesuaian (adaptasi).
2.  Dengan membiasakan diri.
3.  Dengan rasa ingin tahu.
4.  Dengan mengurangi prasangka.
5.  Dengan memiliki proyeksi.
 Dalam pelaksanaan observasi diperlukan ingatan terhadap observasi yang telah dilakukan sebelumnya. Karena manusia memiliki sifat pelupa, maka diperlukan catatan-catatan singkat megenai hasil pengamatan yang sudah dilakukan (check-list), alat-alat elektronik seperti kamera, video dan sebagainya yang digunakan untuk mengedokumentasikan hal – hal yang sedang atau sudah diamati dengan cara : lebih banyak menggunakan pengamat, memusatkan perhatian pada data-data yang relevan, mengklasifikasikan gejala dalam kelompok yang tepat, menambah bahan persepsi mengenai objek yang diamati.
Tingkat kecermatan observasi sangatlah dipengaruhi oleh faktor prasangka dan keinginan observee. Terbatasnya kemampuan pancaindra dan ingatan, terbatasnya wilayah pandang, yaitu kecenderungan observe menaruh perhatian dengan membandingkannya kepada kejadian lainnya. Kemampuan observer dalam menangkap hubungan sebab akibat, kemampuan menggunakan alat bantu, ketelitian pencatatan, pengertian observer terhadap gejala yang diukur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerusakan Minyak

Kerusakan Minyak Pemakaian minyak yang berulang kali dapat menyebabkan adanya perubahan pada minyak, hal tersebut ditandai dengan penampakan...