Sabtu, 06 Juli 2019

Latihan Soal Dasar - Dasar Fisika


Latihan Soal – Soal Dasar - Dasar Fisika
Untuk siswa SMA/SMK
Berdasarkan Kurikulum 2013


Bab. 1   Besaran Dan Satuannya

Materi yang terdapat pada Bab. 1  :
1.  Besaran Pokok dan Turunan
a.   Besaran Pokok dan Turunan
b.   Konversi Satuan
c.    Penggunaan Awalan
d.   Notasi Ilmiah
e.    Dimensi Besaran
2.  Pengukuran
a.   Pengukuran (measurement)
b.   Angka Penting (AP)
3.  Besaran Vektor dan Skalar
a.   Besaran Skalar dan Vektor
b.   Penjumlahan dan Pengurangan Vektor

Dibawah ini adalah beberapa kumpulan latihan soal – soal yang berbentuk Uraian atau Essay dari rangkuman beberapa materi diatas !
Kerjakan latihan soal – soal dibawah ini dengan baik dan benar ! 
1.  Suatu benda diletakkan di sebuah lantai dan ditarik dengan gaya 50. 000 dyne. Nyatakan besar gaya tarik tersebut dalam satuan SI ?

2.  Lengkapilah tabel besaran dibawah ini dengan satuan yang benar !
No.
Nama Besaran
Lambang
Penjabaran
Satuan
Dimensi
1.             
Gaya




2.             
Usaha




3.             
Laju




4.             
Daya




5.             
Massa Jenis





3.  Ubahlah besaran di ruas kiri menjadi nilai yang evakualennya dalam satuan diruas kanan !
a.  90 km/Jam     : .......... m/s
b.  5 ton                 : .......... kg
c.  0,8 g/cm³        : .......... kg/m³

4.  Sepeda motor melaju dengan kecepatan 72 km/jam. Hitunglah berapa nilai kecepatan tersebut apabila dikonversikan dalam sistem internasional (SI)?

5.  Tentukan dimensi – dimensi dari besaran besaran berikut beserta penjabarannya :
a.  Percepatan
b.  Tekanan
c.  Energi Kinetik
d.  Energi Potensial
e.  Berat Jenis

6.  Tuliskan satuan – satuan SI pada besaran – besaran dibawah ini beserta dengan notasi ilmiahnya :
a.  0,5 MW
b.  20 cm
c.  377 nF
d.  555 MHz

7.     Hitunglah ukuran yang sebenarnya dari sebuah jangka sorong apabila ukuran sebelah kiri skala nonus adalah 7 mm sedangkan jumlah pecahannya adalah 9 dan 0, 1 mm !

8.     Hitunglah pengukuran dari mikrometer sekrup apabila skala utamanya adalah 6, 5 mm, skala putarnya adalah 44 !

9.     Suatu benda memiliki bentuk berupa balok dengan ukuran panjang 64, 25 cm, lebar 8, 24 cm dan tinggi 3,2 cm. Tentukan berapa volume benda tersebut  !

10.  Beberapa jumlah angka penting pada pernyataan 2, 50 X 10³ m ?

11.  Perahu menyebrangi sebuah sungai diarahkan tegak lurus arah arus air. Kecepatan perahu tersebut adalah 4 m/s. Sedangkan kecepatan dari arus air adalah 3 m/s. Bila waktu yang diperlukan dalam penyebrangan adalah 30 s. Tentukan :
a.  Berapa lebar sungai tersebut
b.  Resultan kecepatan
c.  Arah resultan terhadap arah air
d.  Panjang lintasan tersebut

12.  Suatu vektor gaya yang besarnya 20 N membentuk sebuah sudut dengan besar sudut 30° terhadap sebuah sumbu X. Tentukan besar uraian gaya pada masing – masing sumbu tersebut !

13.  Sebuah kapal motor menyebrangi sebuah sungai dengan kecepatan 12 m/s. Apabila kecepatan arus sungai adalah 15 m/s, tentukan besar dari resultan kecepatan perahu tersebut !

14.  Dua vektor besarnya 8 satuan dan 15 satuan. Kedua vektor tersebut mengapit sudut 45°. Hitunglah berapa resultan kedua buah vektor tersebut!

15.  Hasil pengukuran panjang dari suatu benda adalah 10, 3 cm dan lebarnyaa adalah 6, 5 cm. Pada luas benda tersebut memiliki angka penting sebanyak ?

16.  Hasil pengukuran sebuah panjang dan lebar lantai adalah 13. 23 dan 4, 3 m. Menurut perhitungan angka penting, luas dari lantai tersebut adalah?

17.  Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 50 km/jam sehingga membentuk sudut 30° terhadap sumbu X positif. Besar komponen vektor kecepatan tersebut pada sumbu X dan sumbu Y berturut – turut adalah?

18.Pembangkit listrik lampu menghasilkan daya 4200 MW. Dalam satuan internasional daya tersebut sama dengan?

19.  Sebuah pipa yang berbentuk silinder memiliki rongga dengan diameter dalam 1, 6 mm dan diameter luar 2, 1 mm. Alat yang tepat untuk mengukur diameter pipa tersebut adalah?

20.  Sseorang menaiki sepeda motor ke arah barat laut dengan kecepatan 40 m/s. Urakan kecepatan tersebut ke arah barat dan ke arah utara!

21.  Isilah beberapa pertanyaan dibawah ini dengan menggunakan notasi ilmiah yang baik dan benar :

22.  Massa sebuah benda A, B dan C yang diukur menggunakan neraca berbeda – beda menghasilkan bacaan masing – masing 34 kg, 57, 2 kg dan 65, 75 kg. Tentukan massa total dari ketiga massa benda tersebut menggunakan konsep Angka Penting !

23.  Jika masing – masing besar vektor A, B dan C masing – masing adalah 24, 7 dan 25 dan diketahui A + B = C. Berapa sudut yang dihasilkan antara A dan B !

24.  Jika vektor F1 adalah 20 N berhimpit dengan sumbu C positif, sedangkan vektor F2 adalah 20 N dengan sudut 120° terhadap F1 dan F3 adalah 24 N yang bersudut 240° terhdap F1. Hitunglah berapa resultan ketiga gaya tersebut !

25.  Hitunglah berapa jumlah angka penting dari petanyaan dibawah ini ?
a.  58038
b.  0, 000201
c.  0, 234
d.  2138
e.  2,5 X 10³



Bab. 2 Gerak Lurus dan Gerak Melingkar
Materi yang terdapat pada Bab. 2  :
1.  Gerak Lurus
a.   Gerak Lurus Beraturan ( GLB )
b.   Gerak Lurus berubah Beraturan ( GLBB )
c.    Gerak Vertikal
d.   Gerak Jatuh Bebas
2.  Gerak Melingkar
a.   Percepatan Sentripental
b.   Gaya Sentripental
c.    Hubungan Gerak Lurus dan Gerak melingkar
d.   Hubungan Roda – Roda

Dibawah ini adalah beberapa kumpulan latihan soal – soal yang berbentuk Uraian atau Essay dari rangkuman beberapa materi diatas !
Kerjakan latihan soal – soal dibawah ini dengan baik dan benar !

1. Bola dilempar keatas dengan kecepatan awal adalah 40 m/s dan memiliki percepatan gravitasi 10 m/s. Tentukan dari :
a.   Waktu yang diperlukan suatu benda hingga mencapai puncak
b.   Tinggi maksimum

2. Adi memetik buah mangga dengan menggunakan sebuah galah. Sentakan galah tersebut memberikan sebuah kecepatan awal sebesar 2 m/s pada mangga tersebut sehingga mangga terjatuh ketanah setelah 1 sekon. Tentukan dari :
a.   Kecepatan mangga saat jatuh ke tanah
b.   Ketinggian pohon mangga tersebut

3.  Benda dijatuhkan dari ketinggian 80 meter. Bila kecepatan gravitasi bumi adalah 10 m/s². Tentukan hasil dari :
a.   Waktu yang dibutuhkan benda sampai menyentuh tanah
b.   Kecepatan benda saat menyentuh tanah

4.   Kecepatan awal sebuah mobil adalah 10 m/s dengan besar percepatannya adalah 3 m/s². Tentukan berapa jarak yang ditempuh jika kecepatan akhir dari mobil tersebut adalah 40 m/s ?

5.  Sebuah benda gerak kearah utara sejauh 4 km kemudian benda tersebut berbelok kearah timur sejauh 3 km. Jika waktu yang dibutuhkan adalah 20 menit, hitunglah berapa kecepatan benda tersebut ?

6.    Seorang anak berlari dengan kecepatan awal sebesar 10 m/s dan setelah 20 sekon kecepatannya berubah menjadi 20 m/s. Hitunglah berapa percepatan anak tersebut?

7.     Hitunglah berapa kelajuan mobil tersebut apabila waktu yang diperlukan oleh mobil tersebut berkelajuan tetap adalah 100 sekon jika jarak tempuhnya adalah 1000 m?

8.  Jika seseorang melakukan sebuah perjalanan dari kota Ambon menuju kita Surabaya kemudian menuju kota Malang jarak perpindahan yang dilakukan orang tersebut sama besarnya? Jelaskan!

9.     Kertas mula – mula dalam keadaan biasa dengan permukaan besar dijatuhkan dari ketinggian 2 meter diatas tanah ternyata membutuhkan waktu sekitar 25 sekon. Tetapi karena kertas tersebut diremas sehingga permukaan mengecil ketika dijatuhkan dari ketinggian yang sama menuju tanah membutuhkan waktu 14 sekon. Dari ilustrasi tersebut apakah rumusan gerak jatuh bebas berlaku dan siapa yang menyebabkan? Jelaskan!

10. Sopir mengendarai sebuah mobil dengan kecepatan 100 m/s. Tiba – tiba didepan mobil tersebut ada sebuah kucing dengan jarak 150 meter dari mobil. Hitunglah berapa perlambatan yang harus diberikan agar mobil tersebut tidak menabrak kucing tersebut?

11.  Bola dilempar dengan arah vertikal ke atas dengan kecepatan awal 20 m/s. Berapa tinggi bola yang dihasilkan setelah 3 detik?

12.  Kereta api jurusan Surabaya ke Semarang berangkat pukul 06.45 dan tiba di Semarang pukul 19.25. Jika jarak Surabaya ke Semarang adalah 128 km hitunglah kecepatan rata – rata kereta api tersebut ?

Bab. 3 Gaya dan Hukum Newton

Materi yang terdapat pada Bab. 3  :
1.  Gaya
2.  Resultan Gaya
3.  Berat
4.  Gaya Normal
5.  Gaya Gesek
6.  Hukum Newton
a.   Hukum Newton 1
b.   Hukum Newton 2
c.    Hukum Newton 3

Dibawah ini adalah beberapa kumpulan latihan soal – soal yang berbentuk Uraian atau Essay dari rangkuman beberapa materi diatas !
Kerjakan latihan soal – soal dibawah ini dengan baik dan benar !

1.  Pada bidang miring dengan sudut kemiringan 60° terdapat balok bermassa 6 kg dan memiliki gaya gravitasi 10 m/s. Bila koefisien gesek statis adalah ½ √3 serta koefisien gesek kinetis adalah 0,2 √3. Bagaimana keadaan benda tersebut? Jika benda tersebut bergerak berapa percepatannya?

                      
Bab. 4 Usaha, Energi dan Daya

Materi yang terdapat pada Bab. 4  :
1.  Usaha
2.  Gaya yang membentuk sudut
3.  Usaha perubahan energi kinetik
4.  Usaha perubahan energi potensial
5.  Daya

Dibawah ini adalah beberapa kumpulan latihan soal – soal yang berbentuk Uraian atau Essay dari rangkuman beberapa materi diatas !
Kerjakan latihan soal – soal dibawah ini dengan baik dan benar !

1.  Berapa usaha yang dibutuhkan dengan gaya 20 N dan jarak tempuhnya 100 m?

2.  Suatu mobil memiliki massa sebesar 1 ton bergerak dengan kecepatan 60 m/s. Berapa energi kinetik yang dimiliki oleh mobil tersebut ?

3. Seorang anak menaiki suatu tangga dengan tinggi sepanjang 10 meter. Jika berat orang tersebut adalah 50 kg berapa energi potensial yang dibutuhkan?

4. Suatu batu memiliki massa sebesar 2 kg dijatuhkan dari ketinggian 20 meter. Tentukan besar energi kinetik saat baru berada diatas permukaan tanah jika percepatan gravitasinya adalah 9, 8 m/s² !

5.  Sebuah sepeda motor memiliki daya sebesar 150 Watt. Berapa kecepatan yang dihasilkan motor tersebut jika gaya yang muncul sebesar 10 N ?

6.  Beberapa usaha untuk menggerakkan mobil jika massa dan isinya adalah 1 ton dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan 72 km/jam ?

7.  Dua benda yaitu benda A dan benda B memiliki massa yang sama jatuh bebas dari ketinggian H meter dan 2H meter. Jika A menyentuh tanah dengan kecepatan V berapa energi kinetik benda B saat menyentuh tanah ?

8. Sebuah benda memiliki massa 1 kg dilemparkan vertikal keatas dengan kecepatan awal yaitu 40 m/s. Jika gravitasi benda tersebut adalah 10 m/s berapa energi kinetik saat ketinggian benda mencapai 20 meter?

9. Sebuah mobil memiliki massa 5 kuintal bergerak dengan kecepatan 5 m/s dengan waktu sebesar 10 sekon. Kemudian mobil tersebut bergerak menjadi 10 m/s. Berapa daya mobil selama 10 detik ?

10. Untuk mengangkat benda bermassa 50 kg dengan tinggi 300 meter membutuhkan waktu sebanyak 20 detik. Berapa daya yang diperlukan ?

Bab. 5 Implus dan momentum

Materi yang terdapat pada Bab. 5  :
1.  Implus
2.  Momentum
3.  Hukum kekekalan momentum
4.  Jenis tumbukan
a.  Lenting sempurna
b.  Lenting sebagian
c.  Tidak lenting sama sekali
5.  Koefisien kelentingan benda jatuh

Dibawah ini adalah beberapa kumpulan latihan soal – soal yang berbentuk Uraian atau Essay dari rangkuman beberapa materi diatas !
Kerjakan latihan soal – soal dibawah ini dengan baik dan benar !

1.  Sebuah bola memiliki massa sebesar 100 gr ditendang dari keadaan yang mula – mula diam menjadi bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Jika waktu bola tersebut bersentuhan dengan kaki penendang 0, 1 sekon, berapakah gaya yang digunakan untuk menendang bola tersebut ?

2.  Seseorang anak memiliki massa sebesar 25 kg menaiki sebuah skateboard yang memiliki massa 5 kg dengan kecepatan sebesar 5 m/s. Jika anak tersebut melompat kebelakang dengan kecepatan 2 m/s, berapakah kecepatan skate board sesaat setelah anak tersebut melompat?

3.  Terdapat 2 jenis bola yaitu bola A dan bola B. Masing – masing bola tersebut memiliki massa yang sama yaitu sebesar 200 gram. Bola tersebut bertumbukan dengan lenting sempurna. Jika sebelum bertumbukan bola A bergerak dengan kecepatan 10 m/s sedangkan bola B dalam keadaan diam maka kelajuan bola A dan B setelah bertumbukan adalah ?

4.  Bola A memiliki massa 1 kg dan bola B memiliki massa 2 kg bergerak searah dan bertumbukan dengan lenting sebagian. Jika sebelum bertumbukan bola A bergerak dengan kelajuan 10 m/s dan bola B bergerak dengan kelajuan 5 m/s. Tentukan kelajuan bola A setelah bertumbukan apabila bola B memiliki kelajuan sebesar 4 m/s setelah bertumbukan !

5.  Sebuah peluru dengan massa 30 gram bergerak dengan kecepatan sebesar 30 m/s menumbuk sebuah balo kayu dengan massa 1 kg dalam posisi diam. Tentukan kelajuan balok jika peluru tertahan didalam balok tersebut !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerusakan Minyak

Kerusakan Minyak Pemakaian minyak yang berulang kali dapat menyebabkan adanya perubahan pada minyak, hal tersebut ditandai dengan penampakan...