Minggu, 07 Juli 2019

Landasan Partisipasi Politik


     Landasan Partisipasi Politik



Foto Samuel Hutington

Pengertian dari landasan partisipasi politik adalah asal – usul dari setiap individu atau sebuah kelompok yang melakukan kegiatan partisipasi politik. Berdasarkan pembagiannya Samuel Hungtington dan John Nelson membagi landasan partisipasi politik menjadi 5 bagian, adapun dibawah ini adalah landasan partisipasi politik menurut Samuel Hungtington dan John Nelson sebagai beriut :
a.   Kelas
Untuk landasan partisipasi politik kelas terdiri atas setiap individu yang memiliki beberapa kesamaan. Adapun kesamaan tersebut sebagai berikut :
1)   Status sosial.
2)   Status pendapatan.
3)   Status pekerjaan.
b.   Kelompok atau Komunal
Sedangkan untuk landasan partisipasi politik secara kelompok atau komunal terdiri atas individu – individu dengan memiliki kesamaan bedasarkan beberapa aspek. Adapun aspek – aspek tersebut sebagai berikut :
1)   Ras.
2)   Agama.
3)   Bahasa.
4)   Suku.
5)   Etnis.
c.   Lingkungan
Apabila landasan partisipasi secara lingkungan dapat didefinisikan bahwa setiap individu – individu memiliki jarak tempat tinggal yang berdekatan.
d.   Partai
Landasan partisipasi berdasarkan aspek partai terdiri atas setiap individu yang telah mengidentifikasi dirinya dengan organisasi formal yang sama dan berusaha untuk meraih atau mempertahankan kontrol atas bidang – bidang eksekutif dan leglislatif dilingkungan pemerintahan
e.   Golongan atau Faksi
Landasan partisipasi politik berdasarkan aspek golongan atau faksi berarti bahwa individu – individu yang dipersatukan oleh interaksi yang terus menerus antara yang satu dengan yang lain sehingga membentuk hubungan patronclient yang berlaku atas orang – orang dengan tingkat status sosial, pendidikan dan ekonomi yang tidak sederajat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerusakan Minyak

Kerusakan Minyak Pemakaian minyak yang berulang kali dapat menyebabkan adanya perubahan pada minyak, hal tersebut ditandai dengan penampakan...