Minggu, 07 Juli 2019

Partisipasi Warga Negara Dalam Sistem Politik di Indonesia


       Partisipasi Warga Negara Dalam Sistem Politik di Indonesia



Partisipasi warga negara dalam berpolitik sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari – harinya didalam pemerintahan. Partisipasi warga negara dalam hal pemerintahan sering disebut dengan partisipasi politik. Adapun dibawah ini adalah pengertian dari partisipasi politik, sebagai berikut :
a)   Pengertian Partisipasi Politik Secara Umum
Pengertian partisipasi politik secara umum dapat diartikan dengan keterlibatan seseorang atau kelompok kelompok tertentu dalam suatu kegiatan – kegiatan politik. Sehingga berdasarkan pengertian partisipasi politik secara umum seseorang atau kelompok tertentu melakukan sebuah kegiatan – kegiatan yang dapat dilakukan atas dasar keinginannya sendiri ataupun mendapat dorongan dari orang lain yang memiliki tujuan untuk mempengaruhi keputusan politik yang akan diambil oleh pemerintah agar hasil akhir dari keputusan tersebut dapat menguntungkan seluruh pihak tanpa adanya unsur – unsur tertentu dari sebagian orang atau kelompok.
Kegiatan politik yang tercakup dalam konsep partisipasi politik memiliki bermacam – macam bentuk dan insensitas. Dari hal tersebut dapat mengakibatkan adanya sebuah variasi politik yang dilakukan oleh warga negara dari tingkatan aktif hingga tingkatan pasif.
Sehingga apabila hal tersebut dihubungkan dengan hak dan kewajiban negara partisipasi politik merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai wujud tanggung jawab warga negara yang memiliki kesadaran politik yang tinggi.
b)   Pengertian Partisipasi Politik Menurut Para Ahli
Dalam memberikan penjelasan terhadap partisipasi politik terdapat beberapa ahli yang memberikan penjelasannya, adapun dibawah ini adalah penjelasan mengenai partisipasi politik menurut beberapa ahli sebagai berikut :
1)   Verba
Menurut penjelasan yan dijelaskan oleh Verba partisipasi politik adalah kegiatan pribadi warga negara yang legal, yang sedikit banyak langsung bertujuan untuk mempengaruhi seleksi pejabat – pejabat negara ataupun tindakan – tindakan yang diambil oleh mereka.
2)   Samuel Hungtington dan John Nelson


Foto Samuel Hutington

Menurut definisi dari Samuel Hungtington dan John Nelson mengenai partisipasi politik, beliau menjelaskan bahwa partisipasi politik adalah egiatan warga negara yang bertujuan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan politik.
3)   Silvia Bolgherini
Penjelasan dari Silvia Bolgherini, partisipasi politik merupakan segala aktivitas yang berkaitan dengan kehidupan politik yang ditunjukkan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan, baik secara langusung ataupun tidak langsung, secara legal, konvensional, damai atau memaksa.
4)   Miriam Budiarjo


Foto Miriam Budiarjo

Berdasarkan penjelasan dari Miriam Budiarjo partisipasi politik adalah kegiatan seseorang atau sekelompok orang untuk ikut secara aktif dalam kehidupan politik. Seperti : pemilihan pemimpin negara yang dapat mempengaruhi kebijaksanaan negara dan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan tata pemerintahan di negara Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerusakan Minyak

Kerusakan Minyak Pemakaian minyak yang berulang kali dapat menyebabkan adanya perubahan pada minyak, hal tersebut ditandai dengan penampakan...