Jumat, 30 Oktober 2020

Sejarah Perkembangan Mikrobiologi Ke-1

Doktrin Generasi Spontan

  • Sebelum ditemukannya mikroskop, orang-orang telah percaya bahwa tumbuhan atau binatang dapat tercipta dengan sendirinya secara spontan dari benda mati yang disebut dengan doktrin generasi spontan atau abiogenesa.
  • Dasar pengertian tersebut sudah ditanamkan oleh pendapat dari Aristoteles yang hidup tahun 384-322 sebelum masehi. Menurut Aristoteles binatang dapat dibentuk dari tanah, tumbuh-tumbuhan atau makhluk lain yang bukan binatang. 
  • Timbulnya doktrin tersebut diperkuat oleh kenyataan bahwa apabila bahan organik, seperti daging dibiarkan terbuka maka lama kelamaan akan menjadi busuk dan ditumbuhi lalat. Dari kepercayaan tersebut maka timbullah anggapan bahwa ulat tadi adalah penjelmaan dari daging.
  • Doktrin generasi spontan berlangsung lama tanpa adanya sanggahan sampai dengan ditemukannya mikroskop yang pertama kali oleh Antony Van Leeuwenhoek pada sekitaran abad ke-17.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerusakan Minyak

Kerusakan Minyak Pemakaian minyak yang berulang kali dapat menyebabkan adanya perubahan pada minyak, hal tersebut ditandai dengan penampakan...