Sabtu, 31 Oktober 2020

Sejarah Perkembangan Mikrobiologi (11.3)

Penemuan Mikroba Penyebab Penyakit

11.3 Percobaan Robert Koch

  • Pada tahun 1876 Robert Koch telah mengadakan penyelidikan secara teratur mengenai bakteri Anthrax. Rangkaian percobaan itu dilakukannya dengan peralatan sederhana sebagai berikut :
    • Memasukkan sedikit darah binatang penderita Anthrax ke dalam beberapa darah tikus

Hasil dari percobaan ini yaitu, tikus akan menderita penyakit yang sama. Kemudian apabila darah tikus yang telah menderita penyakit Anthrax dipindahkan lagi ke tikus yang lainnya, maka tikus yang lainnya juga akan menderita penyakit yang sama.

    • Memindahkan sedikit darah binatang yang menderita Anthrax ke dalam serum yang telah disterilkan

Lambat laun bakteri yang berbentuk batang akan berubah bentuk menjadi berbentuk pita. Bentuk tersebut diperkirakan spora. Apabila spora dipindahkan ke serum lain maka ia akan tumbuh menjadi bentuk batang. Jika hasil dari biakan ini disuntikkan ke binatang yang sehat, maka akan membuat binatang tersebut menderita penyakit yang sama.

    • Memasukkan bakteri bentuk lain

Dari hasil percobaan ini membuktikan bahwa bakteri itu tidak menyebabkan penyakit Anthrax. Selain itu, dari percobaan ini juga membuktikan bahwa suatu bakteri hanya menyebabkan satu macam penyakit saja.

  • Kesimpulan dari percobaan yang dilakukan Robert Koch
    1. Kesimpulan-kesimpulan dari percobaan yang dilakukan oleh Robert Koch disebut dengan teori Postulat Koch. Adapun isi dari teori Postulat Koch sebagai berikut :
    2. Pada suatu penyakit selalu didapati mikroba tertentu.
    3. Mikroba tersebut dapat diisolir dari binatang yang menderita penyakit itu dan ditumbuhkan pada media buatan.
    4. Media buatan dapat ditularkan ke binatang lain.
    5. Suatu jenis mikroba hanya dapat menyebabkan satu macam penyakit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerusakan Minyak

Kerusakan Minyak Pemakaian minyak yang berulang kali dapat menyebabkan adanya perubahan pada minyak, hal tersebut ditandai dengan penampakan...