Jumat, 30 Oktober 2020

Sejarah Perkembangan Mikrobiologi Ke-4

 Lazzaro Spallanzani

(1713-1781)

  • Lazzaro Spallanzani membuktikan bahwa mikroba yang tumbuh pada bahan makanan berasal dari udara yang memang telah mengandung mikroba. Pertumbuhannya dapat dicegah dengan cara memanaskan bahan makanan tersebut, walaupun setiap jenis bahan makanan memerlukan waktu pemanasan yang berbeda-beda.

  • Untuk mencegah pertumbuhan mikroba, sebelumnya telah dicoba dengan cara menutup rapat wadah yang digunakannya. Akan tetapi, Lazzaro Spallanzani tidak yakin bahwa percobaan tersebut akan berhasil, sebab bahan makanan telah berhubungan dengan udara (terlebih jika mengalami kebocoran-kebocoran). Untuk mendapatkan keadaan yang bebas dari mikroba, maka setiap bahan harus ditutup dengan rapat-rapat, kemudian dilakukan pemanasan. Pernyataan tersebut dipraktikkan oleh Apert.
  • Dengan ditemukannya gas oksigen oleh Joseph Priestly, Henry Cavendish, dan Antonie Lavoisier, maka teori Lazzaro Spallanzani mendapat sanggahan, karena adanya perusakan bahan organik bukan disebabkan karena adanya hubungan dengan udara yang mengandung mikroba, akan tetapi karena adanya oksigen sebagai sumber kehidupan bagai mikroba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerusakan Minyak

Kerusakan Minyak Pemakaian minyak yang berulang kali dapat menyebabkan adanya perubahan pada minyak, hal tersebut ditandai dengan penampakan...