Jumat, 30 Oktober 2020

Sejarah Perkembangan Mikrobiologi Ke-2

Antony Van Leeuwenhoek

(1632-1723)

  • Tiga hal penting yang telah ditemukan oleh Antony Van Leeuwenhoek, yaitu :
    1. Mikroskop.
    2. Dunia Mikroba.
    3. Penyempurnaan Mikroskop.
  • Setelah Antony Van Leeuwenhoek menemukan mikroskop, maka saat itu mulailah terungkap dunia mikrobiologi. Beberapa ahli ilmu pengetahuan mulai mengadakan penelitian dan penemuan tentang kehidupan mikroba yang sebelumnya tidak dikenal. Dari situ doktrin generasi spontan mulai melemah karena mendapat tentangan dari penemuan-penemuan yang ada. 
  • Antony Van Leeuwenhoek sendiri merupakan seorang pedagang yang berkebangsaan Belanda. Dia tidak pernah mendapat pendidikan yang tinggi dan penemuan yang dihasilkan mula-mula bersifat amatur. Namun, hasil karya yang ditemukannya telah menarik perhatian suatu lembaga ilmu pengetahuan di Inggris (Royal Society) hingga akhirnya karya-karya beliau dapat disebarluaskan.
  • Penemuan pertama dari Leeuwenhoek yaitu sebuah mikroskop yang terdiri dari sebuah lensa yang diapit oleh dua kepingan logam. Dimana benda yang diamati akan diletakkan di titik apinya. 
  • Sekitar abad ke-13 pada saat Leeuwenhoek belum menemukan mikroskop banyak orang yang mengira bahwa ada jasad hidup yang tidak terlihat. Fracastoro of Verona (1483-1553), van Plencir (1762), dan Kirchen (1658) mengira bahwa penyakit dapat disebabkan oleh bakteri, akan tetapi mereka tidak membuktikan atas perkiraannya tersebut.

  • Daya pembesaran mikroskop yang pertama tidak dapat dirubah. Namun kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Galileo (1610), Hooks (1665) dan akhirnya dihasilkan mikroskop seperti yang sekarang kita gunakan dengan perbesaran 1.000-3.000 kali.
  • Penemuan Leeuwenhoek lain yang lebih penting adalah penelitian secara mikroskopis terhadap kehidupan mikroba, misalnya seperti hewan kecil invertebrata, spermatozoa, bahkan sampai ke benih dan embrio tumbuhan serta sel darah merah.
  • Protozoa, ganggang, khamir, dan bakteri yang dikenal sekarang ini sebenarnya telah diungkapkan oleh Leeuwenhoek pada saat itu. Diketahuinya binatang-binatang kecil pada saat itu disebut dengan "Animacule" (1676) yang telah membuka lembaran baru tentang dunia mikroba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerusakan Minyak

Kerusakan Minyak Pemakaian minyak yang berulang kali dapat menyebabkan adanya perubahan pada minyak, hal tersebut ditandai dengan penampakan...