Sabtu, 31 Oktober 2020

Sejarah Perkembangan Mikrobiologi (8.1)

Percobaan Tyndall

(1820-1893)

8.1 Bukti Adanya Mikroba dalam Udara

  • John Tyndall (1820-1893) merupakan seorang ahli ilmu alam dari bangsa Inggris. Dia secara tidak langsung telah membantu Pasteur dalam membuktikan ketidakbenaran Doktrin Generasi Spontan. Tujuan awal dari percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Tyndall hanyalah untuk mengetahui pengaruh pancaran panas terhadap udara yang digunakan dalam percobaan-percobaan mikrobiologi.
  • Dalam melakukan percobaan, Tyndall selalu mendapat kesulitan, hal tersebut dikarenakan udara senantiasa mengandung partikel-partikel yang sangat halus, termasuk mikroba.
  • Adanya partikel-partikel halus ini dapat dilihat apabila seberkas cahaya dimasukkan ke dalam ruangan gelap dan dilihat dari bagian yang tegak lurus pada arah cahaya.
  • Hasil dari percobaan tersebut menjelaskan jika udara dalam ruangan mengandung bagian-bagian kecil, maka akan terlihat cahaya tadi. Karena partikel-partikel itu dapat dipantulkan oleh cahaya. Sedangkan apabila udara dibiarkan cukup lama dalam ruangan tersebut, maka partikel-partikel itu akan mengendap dan cahaya tidak akan terlihat. Keadaan semacam ini oleh Tyndall disebut dengan “Optically Empty” atau tidak optis.


  • Dengan adanya kenyataan itu Tyndall mencoba memasukkan zat organik yang telah dididihkan ke dalam ruangan yang tidak optis, hasilnya zat organik tersebut tetap tidak dapat ditumbuhi oleh mikroba (tetap steril) walaupun dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Dari sini dapat disimpulkan bahwa udara mengandung mikroba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerusakan Minyak

Kerusakan Minyak Pemakaian minyak yang berulang kali dapat menyebabkan adanya perubahan pada minyak, hal tersebut ditandai dengan penampakan...